Saturday, June 23, 2018

Sound Booster Motor Alternative Kit Sintetis Versi E





 
Manfaat Sound Booster Motor 

Terlepas dari anggapan miring terhadap sound booster seperti norak,ndeso,over,caper dsb, berikut ini adalah beberapa manfaat sound booster :

1. Memberi peringatan kepada biker didepan kita. Suara yang keras dan tidak lazim akan memberi peringatan kepada biker didepan kita kalau ada kendaraan yang dekat/mau menyalip dia. Apalagi di era motor 4 tak saat ini umumnya suaranya halus walau dalam kecepatan tinggi, jadi lebih minim peringtan kepada biker didepan kita, kecuali kita main klakson, tetapi kurang pas rasanya kalau kita main klakson terus menerus.

2. Memberikan kesan kalau kita sedang ngebut. Dengan memakai sound booster maka kita tidak perlu ngebut untuk sekedar ingin mendengarkan suara yang "wah" dari motor kita atau ingin mendapatkan perhatian seperlunya dari biker lain. Dengan sound booster kita bisa mendengarkan suara motor ala 100 kpj atau lebih, padahal kita baru jalan sekitar 60-70kpj. Hal ini tentunya membuat kita relatip lebih selamat.

3. Merangsang kreativitas. Dengan sound booster maka kreativitas kita ditantang untuk mendapatkan hasil suara yang lebih baik, mulai dari sumber suara (oscilator), penguatan suara (amplifier), warna suaranya, desain casing buat speaker dsb.

4. Memberikan sensasi menunggangi moge. Dengan setingan yang tepat dan didukung casing speaker yang memadai dan menggabungkan antara suara derung sound booster dengan suara asli bass knalpot[semi-blong] maka hasil akhirnya adalah relatip mirip suara moge.

5. Kalau kita merasa puas dengan hasil akhirnya (syukur2 banyak orang di sekitar kita yang bilang suaranya bagus) maka seperti ada sesuatu yang kurang apabila kita jalan pakai motor tanpa menghidupkan sound booster :)




Kit Sintetis



Alat ini berfungsi untuk menghasilkan suara motor tiruan mulai dari suara frekwensi rendah s/d suara frekwensi tinggi. Meskipun demikian agar output yang dihasilkan mendekati kenyataan sehari-hari maka sebaiknya alat ini diseting di frekwensi sekitar frekwensi suara menengah/middle.

Kemampuan alat ini adalah :
1. Tinggi rendahnya frekwensi suara yang keluar adalah mengikuti putaran mesin / rpm.
2. Keras lemahnya volume suara yang keluar adalah mengikuti putaran mesin / rpm.

Kelebihan Kit Sintetis Vs Suara Asli Kabel Mesin (kabel spul/kabel pulser/kabel....?) :
1. Lebih aman untuk speaker karena menggunakan amplifier, dibandingkan model elko-speaker langsung.
2. Suara lebih keras di rpm tinggi (dibawa ngebut) dibandingkan suara dari kabel mesin. Penggunaan amplifier yang dikonek langsung ke kabel mesin
tidak banyak menolong untuk mengatasi masalah suara pelan/lirih pada rpm tinggi.
3. Tinggi rendahnya frekwensi suara dapat diset sesuai selera pemakainya.
4. Lebih unik. SBM dengan kit sintetis masih sangat jarang yang memakai sehingga lebih unik dibandingkan mayoritas SBM yang memakai suara asli kabel mesin. Dengan kit sintetis juga dimungkinkan suara yang keluar berbeda antar motor yang sama-sama menggunakan SBM karena memang bisa diseting berbeda sesuai selera pemakainya.

Skema Blok SBM Dengan Kit Sintetis :
 Jadi SBM model ini memakai 3 komponen utama yakni Kit Sintetis, Amplifier dan Speaker. Jika Anda sudah mempunyai amplifier dan speaker sendiri maka Anda cukup order kit sintetisnya saja.



Kit Sintetis Versi 1E

Kit Sintetis Versi 1E adalah varian baru. Di bagian regulator voltase input kit ini sama dengan regulator voltase input Kit Sintetis Versi 1C. Sedangkan di bagian pembangkit suara/oscilator kit ini berbeda dengan oscilator milik versi C/D. Kit ini memakai 3 oscilator yang bekerja serempak. Oscilator tsb. terdiri dari 1 oscilator utama dan 2 oscilator fitur. 2 oscilator fitur ini bisa dipakai atau bisa juga tidak dipakai, dengan cara mengatur konfigurasi penghubung/jumper yang ada. Pemakaian oscilator fitur adalah terserah selera pemakainya. Dengan adanya oscilator fitur jika diaktifkan maka suara yang keluar akan lebih kasar. Dengan adanya oscilator fitur maka akan ada 4 kemungkinan konfigurasi output yang berbeda.



 Data Teknis :
- Versi : 1E
- Voltase : 12v DC
- Control Panel :
1 Trimpot Volume
1 Trimpot Frekwensi
1 Trimpot Frekwensi Limiter
- Jumlah Suara : 1-3
2 Jumper Fitur :
Kondisi----Jumlah Suara
Off,Off--------1
Off,On---------2
On,Off---------2
On,On----------3

- Komp. Regulator : Dual Transistor
- Komp. Oscilator : Dual IC
- Support Voltase Input-Trigger : AC,DC+
- Non Support Voltase Input-Trigger : DC-
- Minimum Voltase Input-Trigger (bekerja optimal) : AC/DC+ 3v


Harga : cek langsung di tokopedia/bukalapak/shopee 

Video

https://youtu.be/cEvq6dnoZdc

Motor Yang Cocok



------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment